Friday, December 26, 2008

alur singkat sistem imun

pertama kali antigen masuk kedalam tubuh. Kemudian sistem yang pertama kali menghadapi adalah non spesifi (neutrofil dan makrofag). menangkap, memfagosit dan mencerna.
seandainya imun non spesifik ini dapat ditembus, maka makrofag sebagai APC membawa antigen ini ke nodus limfatikus (ke sel T). dalam sel T ini, didapatkan data-data tentang antigen (oleh sebab itu disebut sel memory). dalam sel didapat istilah sel T naif.
sel T naif adalah sel T matang yang belum pernah terpajan oleh antigen.
setelah sel T ini terpajan oleh antigen, maka sel T ini berdeferensiasi menjadi sel Th0. yang selanjutnya berkembang menjadi sel Th1 atau sel Th2(tergantung antigennya). jika antigen berupa virus atau bakteri maka didominasi oleh sel Th1. jika antigen berupa cacing atau alergen maka didominasi oleh sel Th2.
selanjutnya Sel Th ini mengeluarkan sitoken yang memacu sel B berdeferensiasi menjadi sel plasma yang selanjutnya menghasilkan antibodi.
antibodi inilah yang berperan terhadap pajanan antigen yang sama untuk di masa yang akan datang (selain pajanan yang pertama maksudnya pajanan kedua atau lebih dengan antigen yang sama)...
semoga bermanfaat

No comments :

Post a Comment